Jumat, 08 Juli 2011

Cara Atasi Ketombe dengan Tanaman Obat


Ketombe merupakan suatu pertumbuhan berlebihan kulit kepala tanpa peradangan. Gejala ketombe secara umum adalah adanya sisik-sisik putih pada kulit kepala, gatal, dan bisa juga disertai kerontokan rambut. Gejala kelainan yang muncul dapat bervariasi antar individu.

Disini ada beberapa Racikan bahan alami atau tanaman obat yang berguna untuk mengatasi ketombe:

1.Minyak kelapa
Tuang 1 sendok teh minyak kelapa di rambut, kemudian lakukan pemijatan lembut secara merata. Diamkan 15', kemudian bilas dengan sampho lembut, bila sampho yang keras akan melucuti kandungan minyak alami rambut kita. Lakukan perawatan satu minggu sekali.

2. Mayonese
Ratakan the pure mayonese pada rambut dan kulit kepala dengan kedua tangan. Bungkus rambut dengan handuk selama 15-20'. Keramas dengan sampho lembut hingga bersih.

3. Cuka apel
Asam pada cuka apel bisa menghilangkan minyak dan lemak. Jika masalah ketombe karena kulit kepala yang berminyak, gunakan cuka apel setiap kali selesai keramas. Campur 1/2 cangkir cuka ke dalam 1/4 cangkir air. Tidak perlu membilas, karena cuka tidak akan merusak rambut kita.

4. Teh chamomile
Teh ini membuat kulit kepala tetap lembab dan sehat. Seduh 3 kantung teh dengan air yang mendidih. Biarkan teh terendam salama 5' kemudian angkat kantung teh. Kemudian keramas dengan air teh yang masih hangat untuk membilas rambut.

5. Lidah buaya
Ambil 1 gumpal gel lidah buaya. Gosok pada kulit kepala hingga rata. Diamkan 10', kemudian bersihkan kepala.


6. Nanas
Bahan:
100 cc Air perasan jeruk purut
200 cc Air nanas
100 cc Santan kelapa

Cara pembuatan:
1. Campurkan semua bahan jadi 1.
2. Masukkan dalam wadah tertutup.
3. Gunakan sebagai shampo 3-4 kali seminggu.

Untuk resep dari buah mengkudu, simak resep Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma dalam bukunya, Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit:

7. Mengkudu
Bahan 2-3 buah Mengkudu matang

Cara pembuatan:
1. Bersihkan buah mengkudu, lalu parut. Tambahkan sedikit air, aduk rata, lalu oleskan pada kulit kepala sambil pijat perlahan.
2. Oleskan lagi hingga merata, biarkan mengering, lalu bilas dengan air hingga bersih.
3. Lakukan 3 kali seminggu hingga gatal dan ketombe menghilang.

Sebenarnya, banyak produk instan yang mudah memakainya ada di pasaran, namun bila salah satu dari bahan di atas ada dan kita punya waktu dan kemauan kuat, tidak ada salahnya untuk dicoba bukan! Apapun ramuan anti ketombe yang ada akan tidak berarti apa-apa jika kita melakukannya tidak secara sungguh-gungguh. Tunggu apalagi, jangan biarkan si putih yang menjengkelkan itu bersarang di kepala.

diambil dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar